Cara Menghapus Virus Malware di Android Yang Susah Hilang

Androidjet.com – Boleh dibilang, tidak banyak cara menghapus virus malware di android. Sebab, beberapa jenis aplikasi yang secara sengaja atau tidak sengaja diinstall di ponsel Android kita ada kemungkinan membawa virus. Tentu kita membutuhkan penghapus virus hp Android yang ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Jawabannya tentu saja ada. Yang dimaksud dengan hapus virus tanpa menghapus aplikasi adalah cara membersihkan virus Android tanpa menghapus aplikasi yang berguna dan lazim kita gunakan seperti media sosial, mobile banking app, maps dan sebagainya.

Namun, agar lebih optimal dalam membersihkan virus Android, menghapus beberapa aplikasi mencurigakan tetap perlu dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menghapus segala bentuk virus ponsel Android kita:

cara menghapus virus malware di android

Cara menghapus virus malware di android dengan mudah

  1. Masuk ke safe mode dan hapus aplikasi

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan dengan menghilangkan beberapa aplikasi yang mencurigakan, berpotensi merusak, tidak dapat dibuka atau bisa menyebabkan lag pada Android Anda.

Caranya sebagai berikut: masuk ke “Safe Mode” di ponsel Anda > periksa aplikasi yang ada di dalamya > uninstall aplikasi mencurigakan > hapus akses untuk menginstall aplikasi asing > keluar dari “Safe Mode”.

 

  1. Aplikasi antivirus Android yang terpercaya

Dengan menginstall aplikasi penghapus Android yang terpercaya, aplikasi tersebut bukan hanya jadi pembasmi virus hp yang ampuh tetapi juga bisa menjadi menghapus virus trojan . Menginstall aplikasi antivirus seperti 360 Security, Avast atau AVG menghapus aplikasi yang paling mudah dan bahkan gratis.

Baca juga :

  1. Lakukan reset factory

Namun jika sepertinya virus di hp Anda sudah cukup parah, dan bisa mengancam ‘keselamatan’ ponsel Anda maka sebaiknya lakukan factory reset. Anda beresiko kehilangan data-data di memori internal Anda, tapi ini merupakan cara yang paling efektif untuk menghapus virus sekaligus sebagai cara menghilangkan malware di Android.

Agar Anda tidak kehilangan file-file penting, sebelum Anda melakukan factory reset, lakukan backup atau transfer file dan dokumen Anda ke hardisk atau komputer terlebih dahulu.

 

  1. Lakukan pencegahan

Sebelum ponsel Anda “bersentuhan” dengan berbagai jenis virus, baik malware, adware hingga trojan, sebaiknya hindari menginstall aplikasi atau mengunduh file apa saja dari sumber yang tidak jelas (bukan app store atau situs resmi)

Bagaimana dengan cara menghapus virus malware dan adware (virus iklan) yang ada di hp? Pada umumnya, menghapus iklan di Android maupun malware yang berbahaya, sebenarnya tidak jauh beda dengan cara menghapus virus tanpa menghapus aplikasi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Baca juga :

Sedangkan cara untuk menghindari virus kembali ke Android Anda ada beberapa, di antaranya: selalu update OS smartphone Anda berikut juga antivirus yang Anda pasang, hindari menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya, serta berhati-hatilah dalam menggunakan wi-fi di tempat umum.

Masih ada cara menghapus virus malware di android, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fitur keamanan bawaan dari hp Anda sendiri, biasanya fitur keamanan ini ada pada hp Android Xiaomi dan Asus. Sehingga Anda tidak perlu mendownload lagi antivirus.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *