Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Dengan Aplikasi

Androidjet.com – Ketika sudah digunakan dalam jangka waktu panjang, dengan kinerja yang begitu keras tak heran jika hardisk komputer mengalami kerusakan. Dimana pemicu kerusakan hardisk atau yang biasa disebut dengan bad sector ini sangat beragam dan secara umum terbagi menjadi dua yaitu bad sector fisik dan software.Oleh karena itu cara mengatasi hardisk bad sector wajib anda coba sebelum di perbaiki di tempat servis.

Untuk bad sector fisik umumnya terjadi karena hardisk kepanasan, terkena debu, terjatuh dan lain-lain. sedangkan untuk bad sector software umumnya terjadi karenggan serangan virus, komputer yang dimatikan paksa dan lain sebagainya.

Meskipun faktor pemicunya cukup sering atau mudah dijumpai, namun cara mengatasi hardisk bad sector pun tak kalah mudahnya. Nah berikut adalah beberapa cara memperbaiki bad sector hardisk.

Cara mengatasi hardisk bad sector dengan aplikasi

1.HardDisk Drive Bad Sector Repair

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Cara pertama dan utama yang bisa Anda coba untuk mencoba memperbaiki bad sector adalah menggunakan aplikasi. Dimana aplikasi ini akan bekerja dengan seri 541DX Maxtor. Cara kerjanya sendiri adalah dengan mendeteksi kesalahan pada hardware terlebih dahulu.

Apabila terdeteksi adanya kerusakan, kemudian aplikasi akan memperbaikinya hingga hardisk bisa bekerja normal kembali.

2.HardDisk Drive Low Level Formal Tool

Cara mengatasi flashdisk write protected

Jika cara sebelumnya tidak mengharuskan Anda untuk memback-up terlebih dahulu data pada hardisk, namun tidak dengan cara mengatasi bad sector yang kedua ini. Dimana Anda harus terlebih dahulu memback-up seluruh data yang dibutuhkan, mengingat hardware nantinya akan diformat.

Baca juga :

Benar sekali, aplikasi inilah yang nantinya akan menghapus segala data serta mereset hardisk Anda pada kondisi awal. Dengan begitu hardisk akan kembali fresh dan bebas dari kerusakan apapun.

3.Software Recovery

cara mengatasi hardisk bad sector melalui bios

Aplikasi atau software lain yang dapat Anda andalkan untuk mengatasi hardisk yang bad sector adalah Software Recovery. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Software Recovery juga memiliki fungsi untuk mengembalikan hardisk pada kondisi awal dengan cara menghapus dan menghilangkan seluruh data yang bisa saja merupakan penyebab bad sector.

Dengan menggunakan 3 aplikasi di atas, cara mengatasi hardisk bad sector bukan lagi hal yang sulit dan tidak bisa Anda lakukan sendiri. Bahkan bagi orang awam yang kurang paham dengan dunia perangkat keras dan lunak komputer pun bisa dengan mudahnya mempraktikan cara di atas.

Meskipun begitu, namun Anda pun harus tetap berhati-hati dan jangan lakukan hal-hal berikut ketika mencoba melakukan perbaiki bad sector.

  • Melakukan formating secara tergesa-gesa. Jadi apabila Anda terpaksa harus memformat atau menghapus seluruh data pada hardisk maka pastikan data-data penting yang Anda butuhkan telah diback-up terlebih dahulu.
  • Tidak memaksakan proses fromating. Saat melakukan proses format sering kali membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga terkadang membuat Anda tak sabar. Namun apabila Anda yakin langkah yang dilakukan telah benar maka tak perlu lakukan apapun lagi dan hanya tunggu.
  • Apabila memang Anda belum paham betul dengan langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi bad sector ini, sebaiknya jangan mengambil langkah perbaikan yang tidak dijelaskan pada tutorial.

Sebagai langkah paling mudah apabila Anda memang kurang yang dengan apa yang harus dilakukan adalah menyerahkan proses perbaikan hardisk pada orang yang sudah berpengalaman.

Baca juga :

Selain mengurangi resiko semakin rusaknya hardisk, Anda juga akan mengurangi resiko buruk lain seperti kehilangan data penting karena salah back-up, salah format dan lain sebagainya.

Jadi, sebenarnya cara mengatasi hardisk bad sector tidaklah sulit, asalkan dengan kunci. Pertama Anda harus paham aplikasi yang digunakan dan yang kedua adalah paham bagaimana langkah yang harus dilakukan apabila kemungkinan proses perbaikan tak sesuai tutorial.