Cara Membuat Menu Dropdown di Android Studio

Cara membuat menu dropdown di android – Menu Dropdown yaitu Layanan antar muka pada satu menu saat di klik akan memanjang kebawah.Ketika cara membuat menu Dropdown akan mempermudah user ketika menampilkan sesuatu.Jika menggunakan menu akan menambah piont plus di samping mempermudah user menu ini akan terlihat menarik.

Seperti yang di ketahui menu Dropdown ini sangat penting untuk membuat suatu aplikasi di android studio. Penggunaan software android studio ini tiap tahunnya meningkat dan tiap tahun juga terdapat Developer android baru bermunculan.

Di Android, Adaptor akan bertindak sebagai perantara antara sumber data dan tampilan adaptor seperti ListView, Gridview untuk mengisi data ke tampilan adaptor. Adaptor akan menyimpan data dan iterasi melalui item dalam kumpulan data dan menghasilkan tampilan untuk setiap item dalam daftar.

ArrayAdapter Ini akan mengharapkan Array atau Daftar sebagai masukan.
CurosrAdapter Ini akan menerima contoh kursor sebagai input.
SimpleAdapter Ini akan menerima data statis didefinisikan dalam sumber daya.
BaseAdapter Ini adalah implementasi umum untuk ketiga jenis adaptor dan dapat digunakan untuk ListView, Gridview atau Spinners berdasarkan persyaratan kami

Secara umum, di android kami memiliki berbagai jenis adapter yang tersedia untuk mengambil data dari sumber data yang berbeda untuk mengisi data ke tampilan adaptor.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana untuk membuat menu Dropdown android dengan cara yang sederhana dan dapat di mengerti oleh orang awam sekalipun yang baru belajar android studio.

Cara Membuat Menu Dropdown di Android

Cara membuat menu dropdown di android dengan Android studio

1.Yang perlu di perhatikan adalah kode file layout copy kode di bawah ini ke menu activity_main.xml

2.Setelah selesai mengcopy code di atas kita akan mengcopy code di bawah ini ke MainActivity.java

3.Langkah terakhir adalah menerapkan code di bawah ini.Copy semua pada String.xml

Nah itulah bagaimana cara membuat menu dropdown di android mungkin sedikit sulit namun harus belajar dari ketidak tahuan agar menjadi developer yang sukses.Semoga artikel ini bisa membantu.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *