Cara Agar Baterai Tidak Cepat Habis

Androidjet.com – Cara agar baterai tidak cepat habis kini sering kali di cari oleh para pengguna Android. Sebab kebanyakan kasus sekarang android yang baru saja diisi baterainya di rumah tiba-tiba ditinggal sedikit saja sudah habis dan mati. Tentunya hal ini sangat menghambat semua aktivitas Anda. Tentunya Anda sering bertanya kenapa baterai cepat habis, sehingga selalu mencari penyebab kenapa batre hp cepat habis.

Cara Agar Baterai Tidak Cepat Habis

Penyebab yang terjadi tentunya sangat beragam dan berbeda antara satu dengan lainnya. Biasanya akan terletak pada baterai maupun aplikasi yang ada di dalamnya.

Baca juga :

Jika Anda memiliki masalah seperti ini, maka tidak perlu merasa khawatir sebab terdapat berbagai cara mengatasi baterai hp cepat habis yang akan membantu Anda menyelesaikan semua dan android kembali memiliki baterai yang tahan lama.

Cara Agar Baterai Tidak Cepat Habis Dan Boros

Nonaktifkan Notifikasi

Cara mengatasi batre cepat habis yang pertama adalah dengan menonaktifkan notifikasi. Sebab setiap kali notifikasi tidak penting yang berasal dari aplikasi maupun game rata-rata akan terhubung dengan internet jadinya akan menyedot banyak daya baterai secara signifikan.

Cara mengatasi baterai hp yang cepat habis dan panas dengan menonaktifkan notifikasi masih terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu untuk pergi ke bagian menu setting kemudian pilih Apps. Berikutnya pilihlah aplikasi atau game yang tidak akan di tampilkan notifikasinya, dan pada bagian bawah Anda bisa menghilangkan tanda centangnya.

Tidak Perlu Memakai Live Wallpaper

Alasan pertama mengapa baterai hp cepat habis disebabkan karena Anda ingin membuat cantik tampilan dengan wallpaper hidup. Namun hal ini ternyata malah akan menguras baterai dengan cepat dan menjadikan daya tahan dari baterai menjadi berkurang.

Baca juga :

Cara agar baterai tidak cepat habis adalah dengan menggunakan wallpaper yang statis atau tidak bergerak.Selain itu, jauh lebih baik jika Anda mengurangi penggunaan widget yang tidak perlu supaya konsumsi daya baterai akan semakin rendah, serta bisa dialihkan sebagai kebutuhan multimedia maupun berkomunikasi.

Nonaktifkan WiFi

Penyebab baterai android cepat habis juga disebabkan karena penggunaan wifi. Jika Anda ingin baterai awet maka bisa mematikan wifi pada saat berada di luar ruangan kemudian pilihan untuk menggunakan data seluler. Cara ini cukup penting sebab dengan mengaktifkan wifi maka android akan secara otomatis mencari sinyal wifi terdekat dan akan terus mengurangi daya baterai.

Menurunkan Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan dari layar memang paling efektif sebagai cara agar baterai tidak cepat habis.Alasan kenapa baterai baru cepat habis karena layar mempunyai resolusi Full HD maupun Quad HD yang akan menjadikan baterai tersedot dengan cepat. Akan lebih baik jika Anda mengubah kecerahan layar yang ada dari otomatis ke manual. Atur juga waktu tampilan layar tidur untuk beberapa hitungan detik.

Menutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Cara mengatasi baterai tablet yang cepat habis yang selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi yang tidak di gunakan. Cara yang digunakan mudah, yaitu dengan masuk ke menu setting kemudian pilih apps dan menuju ke running sercive. pilihlah aplikasi yang tidak digunakan dan menutupnya.

Baca juga :

Sebab rata-rata aplikasi memang akan menguras daya baterai cukup besar. Aplikasi tersebut diantaranya adalah sosial media dan chating. Dengan demikian akan lebih baik jika Anda matikan maupun disable saja pada aplikasi yang tidak terpakai.

Hapus Widget yang Tidak Penting

Salah satu cara agar baterai tidak cepat habis adalah dengan menghapus widget yang dirasa tidak terlalu penting. Seperti contoh jam,kalender,gambar dll. Nah ini yang perlu di hemat karena jika terlalu banyak widget dapat menambah daya penggunaan baterai al hasil baterai menjadi boros.Untuk itu pilih widget yang tidak penting untuk di hapus.

Matikan Jika GPS Tidak Perlu

Ini salah satu penyebab utama kenapa ponsel anda boros baterai,salah satunya adalah GPS yang tetap aktif dan tidak di gunakan. Untuk itu setelah anda menggunakan GPS untuk menemukan alamat dengan menggunkan Maps usahakan untuk menon aktifkan GPS tersebut karena jika masih aktif tetapi tidak terpakai baterai anda akan habis dalam waktu sekejab. Karena penggunaan GPS tersebut cukup menguras baterai android anda.

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Langkah ini untuk mengantisipasi terjadinya aktivitas yang cukup menguras baterai sehingga aplikasi tersebut secara otomatis dapat menghemat daya baterai. Gunakan DU Baterai Saver ini sangat membantu sehingga performa ponsel android anda maximal. Nah apasaja sih fitur yang tersedia DU Baterai Saver ini?? Untuk fiturnya sendiri yang paling membantu ada Mode Smart Preset untuk menyesuaikan mode sesuai penggunaan daya ponsel anda.

Jika ponsel Anda sering mengalami baterai yang mudah terkuras maka perlu mencoba cara agar baterai tidak cepat habis di atas. Dan apabila cara tersebut masih saja menguras baterai yang ada maka periksa baterai siapa tahu baterai android Anda memang sudah rusak dan perlu untuk diganti.

One Comment